Friday, March 14, 2008

Kebiasaan hidup hemat

Tadi malam saya selesai membaca The Millionare Next Door. Buku yang bercerita tentang kebiasaan Millionaire di Amerika yang ternyata sangat berbeda dari yang banyak orang bayangkan. Para milioner ini hidup dibawah standar yang mereka mampu, kemudian menabung dan berinvestasi dengan cerdas. Seringkali para tetangga tidak mengerti bahwa seseorang adalah Millionare karena mereka hidup dengan hemat dan jarang membeli "status kemewahan". Buku yang menarik dari segi isi dan juga penyampaian. Pengarangnya menggunakan penelitian statistik untuk mengungkapkan fakta dan menyerahkan opini di tangan para pembaca. Ada beberapa quote menarik yang saya catat dari buku ini, diantaranya adalah :

"Kebebasan Finansial lebih penting daripada memperlihatkan status sosial yang mewah"
Kata-kata ini diucapkan dalam sebuah sesi tanya jawab dengan seorang Millionaire yang hidup hemat. Dia beranggapan bahwa membeli barang-barang mahal hanya akan mengakibatkan uang semakin cepat dihabiskan. Dia mencontohkan membeli rumah di kawasan elit akan membuat kita mengeluarkan pajak yang besar, biaya perawatan tinggi, dan harus mengisi rumah tersebut dengan perabot yang "sekelas" dengan rumah mewah itu. Untuk melengkapinya kita juga harus membeli mobil yang bagus, juga keanggotaan club mahal yang sama seperti orang-orang yang tinggal di kompleks mewah tersebut.

"Berusaha untuk kaya secara finansial bukanlah sesuatu yang akan mengubah gaya hidup saya, Bahkan pada tahapan kehidupan seperti ini, saya tidak ingin mengubah gaya hidup saya"
Seorang Millionare pemilik perusahaan yang hidup hemat dan sederhana hendak dihadiahi rolls royce oleh rekanan bisnisnya. Namun dia menolak. Rolls royce itu tidak bisa digunakannya untuk memancing di pinggir danau, dan ikan-ikan hasil pancingannya tidak bisa dilemparkan di jok belakang (seperti kebiasaannya menggunakan mobil bak pick-up tua untuk memancing). Jika tetap menerima rolls royce itu dia berarti harus mengoperasikan dua mobil, sehingga tidak efisien dan mengeluarkan biaya perawatan yang tinggi. Untuk menerima hadiah itu, dia harus mengubah gaya hidupnya. Dan dia tidak menginginkan itu, dia puas dengan gaya hidup sekarang ini. Gaya hidup hemat,menghargai tiap dolar dan tidak menghambur-hamburkan uang. Itulah yang membuat dia menjadi Millionaire. Kemudian dia menambahkan:
"Hidup sudah mempunyai beban yang harus ditanggung, mengapa harus menambahnya lagi?"


Jika kebanyakan Millionaire di dalam buku tersebut bersifat anonymous. Maka setelah melanjutkan membaca buku lain, saya menemukan konsep yang sama. Pada halaman-halaman awal Made in America oleh Sam Walton, diceritakan bahwa dia adalah orang hemat yang sangat menghargai tiap sen yang dia terima atau dia keluarkan. Inilah salah satu sebab dia dapat membangun jaringan Wal-Mart yang merevolusi bisnis ritel Amerika. Walaupun dia sudah menjadi Millionaire dia tidak mengubah kebiasaan hidup hemat dan tetap berkendara mobil pick-up bak terbuka yang dibelakangnya ada kandang anjing kesayangan dia. Dia menambahkan:
"beberapa keluarga menjual sahamnya sedikit demi sedikit untuk membiayai kehidupan yang mewah, dan kemudian-boom-seseorang mengambil alih perusahaan itu, dan semuanya hilang. Salah satu alasan saya menulis buku ini adalah agar cucu-cucu saya akan membaca hal ini(tentang hidup hemat dan kerja keras). Juga agar mereka tahu: Jika kamu memulai hal bodoh tersebut, Aku akan datang dan menghantuimu. Jadi jangan pernah berpikir untuk itu!"

Saya akan meneruskan membaca biografi Sam Walton, nanti akan saya ceritakan apa yang saya dapat.

4 comments:

ZOel said...

ternyata susah untuk menjadi milioner-bilioner yah...sepertinya sudah saatnya menerapkan sistem hidup hemat neh sebelum semuanya terlambat...hehehehe...
tul gak kang awan?????mohon bantuannya....!

Awan said...

justru saya yang mohon bimbingannya dari bang zoel nih, smentara ini masi pake quicken buat nyatet2 pengeluaran. lumayan juga, plg engga jadi bisa tau pengeluaran kemana aja... ntar klo dah tau kan bisa dibandingkan buat hal lain yg lebih produktiph... skali lagi mohon bimbingannya bang zoel ^_^

ZOel said...

maksud??????
tipsnya! patokin pengeluaran sehari trus usahakan ada nabung setiap harinya.....walah..bukannya tipsnya dari kang awan????
(bungkuuuusssss)

Muh. Akbar said...

"Berbuatlah untuk duniamu seakan akan engkau hidup selamaNya dan berbuatlah untuk akhiratmu seakan akan engkau meninggal esok hari

»Umar
محمد اكبر😊

free html hit counter
Provided by hit-counter-download.com company.