Thursday, February 7, 2008

Creative - Dari toko reparasi menjadi Perusahaan Internasional





Pernahkah anda mendengar tentang Creative Technology? Perusahaan pertama di Singapura yang terdaftar di NASDAQ dan mempunyai aset milyaran dollar. Pendirinya, Sim Wong Hoo dikenal juga sebagai Bill Gates-nya Singapura.

Sama seperti entrepreneur sukses lainnya, Sim wong hoo datang dari sebuah keluarga miskin dengan kesulitan hidup yang bertumpuk-tumpuk. Lulus dari politeknik di umur 19 tahun dengan prestasi yang biasa saja. Dengan berbekal sebuah ijazah diploma sebuah politeknik lokal, banyak orang yang cukup puas mendapatkan gaji $1500 perbulan. Tapi tidak dengan Sim. Apa yang membuat Sim berbeda adalah dia mempunyai kepercayaan dan nilai-nilai.

Dia percaya bahwa dia bukan hanya salah satu dari banyak orang biasa, dia amat percaya bahwa dia mempunyai kemampuan yang lebih besar lagi. Diimbangi dengan nilai-nilai keluarga yang kuat yaitu kesuksesan dan berusaha memberikan sesuatu, dia merancang tujuan khusus untuk membuat komputer pertama di dunia yang dapat berbicara, menyanyi dan memainkan musik(bukan hanya bisa menghitung angka2). Dia mulai merancang tujuannya pada umur 17 tahun, ketika dia masih bersekolah!. Bahkan beberapa tahun sebelumnya (pada saat dia berumur 15th) dia telah mencanangkan impian untuk menjual 100 juta unit "teknologi baru" yang akan merevolusi dunia.

Adalah tujuan yang ditetapkan sebelumnya yang membuat dia mulai mengembangkan strategi-strategi yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Kemudian ditahun 1981, dia mengambil langkah besar dan mendirikan Creative Technologies dengan modal $6000. Beberapa tahun kemudian, dia meluncurkan hasil pemikirannya, Cubic CT, yang merupakan komputer multimedia pertama. Apakah dia sukses? Tidak! Hal itu merupakan sebuah kesalahan besar, dan sebagai akibatnya, perusahaan mengalami banyak kerugian. Bukannya menganggap hal tersebut sebagai "kegagalan", dia menerimanya sebagai feedback/masukan bahwa pasar belum siap untuk menerima produk tersebut. Terlalu rumit dan mahal. Dia kemudian melakukan fleksibilitas teknologi untuk mengembangkan strategi baru, sebuah inovasi baru.

Dan lagi-lagi, dia tidak mendapatkan hasil seperti yang dia inginkan.

Sekali lagi, Sim menganggapnya sebagai umpan balik/masukan untuk mengganti strategi dan mengambil langkah baru. Dia berulangkali mengganti strateginya sampai dia muncul dengan sebuah ide untuk mengembangkan sound card yang bernama "Sound Blaster". Ketika Sound Blaster diluncurkan, produk tersebut mengalami sukses yang sangat luar biasa. Sound Blaster merupakan kartu PC terlaris sekaligus menjadi standar industri dunia untuk PC multimedia . Hari ini, lebih dari 60% multimedia PC menggunakan Teknologi Sound Blaster milik Creative.

Di tahun 1992, Creative Technology menjadi perusahaan Singapura pertama yang terdaftar di NASDAQ, dan terus mendongkrak kekayaan Sim untuk bergabung dengan kelompok jutawan dunia. Saat ini, Creative Technology adalah sebuah raksasa multimedia dengan 5.000 orang pegawai, dengan 20.000 toko di US dan pendapatan tahunan sebesar 1.3 Milyar Dollar

diambil dan diterjemahkan dari buku Master Your Mind, Design Your Destiny ===================================================================




Dulu saya mengira bahwa creative merupakan salah satu brand nya Amerika. Atau paling tidak produk ini diciptakan oleh gang Silicon Valley yang merupakan tempat biasa tumbuhnya inovasi-inovasi teknologi. Sampai bertemu dengan artikel ini saya masih mempunyai pemikiran bahwa negara-negara Asia hanya bisa menjadi pengekor bagi kemajuan inovasi teknologi barat. Ternyata pikiran saya salah.

Yang lebih menarik lagi, ternyata Creative dimulai dari sebuah toko reparasi komputer yang dibuat Sim pada saat dia berumur 26 tahun bersama teman sekolahnya. Saat itulah dia mulai mengembangkan kartu tambahan untuk Apple II (komputer personal generasi pertama), dan menjualnya sebagai bundle.

Selama periode 1984-1988 Creative memperkenalkan beberapa produk seperti CUBIC 99(modifikasi dari apple II berbahasa china), CUBIC Phone Sitter (hardware tambahan untuk mesin penjawab telepon), CUBIC CT (multimedia pc). Namun sukses terbesar mereka adalah ketika membuat Game Blaster pada tahun 1988 dan kemudian disempurnakan menjadi Sound Blaster pada tahun 1989.

Dapat kita lihat disini bahwa sukses yang didapat oleh Sim Wong Hoo dimulai dari kecil, yaitu usaha reparasi komputer. Tapi dari situ dia terus berusaha untuk berkembang ditengah keterbatasan. Pun ketika sanggup menciptakan inovasi-inovasi tidak semuanya bisa berhasil. Ketika pertama kali diluncurkan produk CUBIC tidak sukses di pasaran dan membuat perusahaan rugi. Ketika pada tahun 1987 Creative membuat C/MS (Creative Music System), Sim Wong Hoo pergi ke Amerika dan menggandeng toko retail elektronik RadioShack Tandy untuk memasarkannya. Tapi produk ini kalah bertarung dibandingkan dengan AdLib. Kembali perusahaan mengalami kerugian.

Menurut Adam Khoo, ciri-ciri orang sukses biasanya mengikuti pola seperti berikut:

BELIEF => GOAL => STRATEGY => ACTION

hasil dari ACTION ada dua : Success atau Feedback. Jika hasilnya Feedback(atau belum sukses) maka strategy nya akan dibenahi kembali dan kembali ke action.

ACTION => FEEDBACK(NOT SUCCESS) => (NEW) STRATEGY => ACTION

proses itu akan terus diulangi sehingga mencapai sukses.

Disini yang terlihat adalah ketika Sim tidak mendapatkan hasil sesuai yang dia inginkan (CUBIC dan C/MS), dia merubah strategi nya dan kembali melakukan action. Begitu dilakukan berulang-ulang sampai menemukan strategi sukses yang pas dengan produk Sound Blaster.

Jadi jangan berkecil hati bila kita belum mencapai kesuksesan yang kita inginkan. Mengikuti pola dari orang sukses seperti yang dipaparkan oleh Adam Khoo : jangan hilangkan keyakinan anda, jangan lupakan tujuan anda, ambil pelajaran dari yang terjadi untuk merubah strategy, dan kembali action!

Jika Sim Wong Hoo yang mulai dari toko reparasi komputer pun bisa menjadi inovasi dalam sejarah komputer. Anda pun pasti bisa meraih kesuksesan yang anda impikan.

salam MAJU !!


diambil juga dari:

0 comments:

free html hit counter
Provided by hit-counter-download.com company.