Tuesday, January 22, 2008

BAGAIMANA ANDA MELIHAT DIRI ANDA SENDIRI-SEBUAH METAFORA

oleh Adam Khoo
Saya turut senang dengan banyaknya orang-orang yang menikmati ulasan saya mengenai metafora gajah yang terperangkap karena kayakinannya. Kali ini saya ingin membagi cerita mengenai metafora gajah yang lainnya,tapi yang satu ini cerita mengenai gajah prasejarah yang lebih dikenal dengan nama MAMOTH (gajah purba raksasa).

Salah satu film favorit saya adalah ICE AGE dan ICE AGE 2. Pada film kedua tersebut, ada kisah mengenai mamoth betina (sekali lagi mahluk yang bertenaga besar) bernama Ally yang ditinggalkan oleh kelompoknya sejak dia masih sangat muda. Ia akhirnya dibesarkan oleh keluarga possum (sebangsa tupai bergigi depan panjang) yang mengajarkan dia menjadi seekor possum. Kenyataan bahwa dia tidak pernah bertemu dengan mamoth lain dan yang ada disekelilingnya hanya sekawanan possum menjadikannya menciptakan identitas dirinya sebagai seekor possum juga. Percaya bahwa ia seekor possum membuat ia bertingkah selayaknya seekor possum.Ketika seekor burung terbang mendekat, seperti tingkah kawanan possum lainnya, ia berlari untuk sembunyi bahkan berpura-pura mati untuk menghindari burung tersebut.
Ketika malam seperti yang dilakukan possum,ia akan tidur dengan kepala dibawah, melompat dari pohon ke pohon, lari dari hewan pemangsa. Suatu hari ia bertemu dengan seekor mammoth bernama Manfred dan mengatakan kenyataan bahwa ia adalah seekor mamoth, mahluk yang kuat bertenaga dan bukan seekor possum. Manfred juga meyakinkannya dengan memperlihatkan bayangan dirinya diatas air sampai-sampai ia mengatakan bahwa dirinya "wow, saya possum yang besar dan gemuk."

Apa maksud dari cerita ini dan pelajaran apa yang dapat kita dapatkan? saya akan bertanya, 'Bagaimana anda melihat diri anda sendiri?' Apakah anda melihat diri sendiri sebagai seorang pemimpin atau seorang pengikut? Apakah anda seorang yang pemalu atau orang yang berani? apa anda seorang pemenang atau seorang yang kalah? Apakah anda seekor possum atau seekor mamoth.Kita melihat diri kita semua dengan cara yang berbeda dan ini yang kita sebut dengan IDENTITAS.

Identitas ini sangat penting karena berpengaruh kepada keputusan yang anda buat dan anda inginkan untuk diri sendiri dan tindakan yang anda lakukan. Jika anda melihat diri anda sebagai pemimpin maka anda akan mengambil tindakan untuk memimpin suatu keadaan bila ada kesempatan. Jika anda melihat dirimu sebagi pengikut, maka anda akan selalu menunggu seseorang untuk memimpin. Jika anda berpikir sebagai pemimpin, anda akan bertindak seperti pemimpin. Anda akan mengatur pencapaian yang tinggi untuk diri anda dan berani memikul tanggung jawab atas hidup. Apakah Pemenang gagal dan melakukan kesalahan? tentu saja. Tapi sebagai pemenang, anda akan berusaha untuk bangkit dan berusaha lagi. sebagai pemenang, anda akan belajar dari kesalahan yang lampau.

Sebaliknya, jika anda berpikir sebagai orang yang kalah, anda akan selalu berusaha membuat alasan-alasan. Berusaha untuk menyalahkan semuanya dan semua orang atas masalah yang kamu hadapi. Anda memiliki pilihan kearah mana anda melihat dirimu sendiri. Anda bisa memilih untuk jadi orang yang kalah atau menang,pemenang atau korban. Coba lihat, saya percaya kita semua lahir sebagi seorang pemenang dan Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan untuk menjadi sukses yaitu potensi manusia yang luar biasa dan kebebasan untuk memilih.

Masalahnya ialah banyak orang yang berpikir bahwa mereka selayaknya seekor possum. Mungkin sewaktu masa mereka tumbuh, orang-orang disekitar mereka menjuluki mereka 'bodoh','pemalas','pemalu','lambat belajar' sampai'berotak rata-rata'.Jika anda tidak mengetahui siapa anda (manusia dengan kemampuan yang menakjubkan), anda akan membiarkan orang lain menilai siapa anda sebenarnya. Sekali anda memilih untuk percaya bahwa anda seekor possum,meskipun anda telah melihat dirimu menjadi pemenang beberapa kali, anda hanya akan berpikir bahwa anda hanya beruntung.

Jadi, ingatlah bahwa anda adalah seekor mamoth yang memiliki potensi yang besar, Jadi berhenti bertingkah seperti seekor possum. Walaupun kita semua lahir dari latar keluarga yang berbeda, memiliki teman yang berbeda dan besar di lingkungan yang berbeda, kita telah diberikan kemampuan oleh pencipta kita untuk memilih siapa kita! Jadi, pilihlah dengan bijaksana.

diambil dan diterjemahkan dari sini

========================================================================

0 comments:

free html hit counter
Provided by hit-counter-download.com company.