Thursday, January 31, 2008

Lance Armstrong - Hidup yang ia terima dari Kanker


Pada usia 25thn, Lance Armstrong adalah salah satu atlit balap sepeda terbaik. Dia membuktikannya dengan memenangkan Kejuaraan Dunia, Tour Du Pont dan beberapa tahapan Tour de France. Saat itu dia seperti tak terkalahkan, dan mempunyai masa depan yang sangat cerah.

Kemudian dia terkena kanker.

Berkaitan dengan tantangan selanjutnya yang dia hadapi, balap sepeda tampak sebagai hal yang sepele. Diagnosanya adalah kanker testis, kanker yang biasa mengenai pria-pria berumur 15-35 thn. Jika dideteksi secara dini, tingkat keberhasilannya bisa 90%. Tapi seperti pria sehat pada umumnya, Lance mengabaikan tanda peringatan itu, dan tak pernah membayangkan akan mengalami kondisi yang sangat serius. Tanpa pengobatan dini, kanker telah menyebar sampai ke perut, paru-paru bahkan otaknya. Peluangnya meredup.

Kemudian sebuah kombinasi dari kondisi fisik, dukungan kuat, dan semangat bertanding mengambil alih. Dia mendeklarasikan bahwa dia bukan penderita kanker, tapi seorang yang berhasil bertahan hidup dari kanker. Lalu aktif mempelajari tentang penyakit tersebut dan pengobatannya. Dipersenjatai dengan pengetahuan dan kepercayaan pada dunia medis, dia melakukan pengobatan yang terus menerus dan akhirnya berhasil mengusir penyakit itu.

Selama pengobatan, sebelum sembuh, bahkan sebelum mengetahui takdirnya, dia mendirikan Lance Armstrong Foundation. Hal ini menandai permulaan hidup Lance sebagai advokat bagi orang-orang yang hidup dengan kanker sekaligus wakil bagi komunitas kanker.

Kemenangan Lance Armstrong selama Tour De France 1999-2005 sangat menginspirasi, tapi perang terhadap kanker baru saja dimulai-bukan saja untuk dirinya, tapi untuk orang-orang yang bertahan hidup dari kanker dan orang-orang yang beranggapan bahwa kanker tidak dapat mengenai mereka. Dia berencana untuk memimpin pertarungan ini, dan berharap anda bergabung dengannya. Ini adalah kehidupan yang dia dapat dari kanker. Ini adalah caranya untuk hidup dengan kuat.

diambil dan diterjemahkan dari sini
===================================================================

Saya pertama kali mendengar nama Lance Armstrong ketika membaca sebuah e-book yg ternyata merupakan biografinya yang berjudul It's not about a bike. Disitu saya mengetahui bahwa dia adalah seorang atlit dunia yang terserang kanker, perjuangan mental menghadapi penyakit itu dan terutama untuk bangkit kembali dan menjadi juara Tour De France selama 7 kali berturut (1999 - 2005).

Saya belum selesai membaca buku dia, sampai ketika hari ini saya berjumpa lagi dengannya (tentu saja, via artikel di internet).

Dan sewaktu kehidupan sangat baik kepada diri anda, sebuah bencana menimpa. Anda punya pilihan untuk menyerah dan membiarkan tantangan kehidupan mengalahkan anda. Atau memutuskan untuk melawan dan mencicipi rasa dari sebuah kemenangan

begitu ditulis oleh elesse chow
Di tahun 1996 di juga baru saja menandatangani kontrak senilai 2.5 juta USD untuk bergabung dengan sebuah tim balap sepeda. Pada October tahun itu juga, dia diketahui telah mengidap kanker dengan stadium akhir. "Sangat tipis peluangnya untuk bisa hidup di tahun berikut. Hanya sepertiga orang yang selamat" - kata Craig Nichols seorang ahli kanker yang menangani penyakitnya. Kanker sudah sangat menyebar sehingga testisnya membengkak sebesar jeruk sewaktu akan dilakukan operasi.

Mental tentu saja sesuatu yang sangat diuji. Bahkan ketika menjalani kemoterapi dia selalu mencoba bersepeda sekuat yang dia bisa. Di otaknya berdengung-dengung pertanyaan "Jika saya mengidap kanker, apa gunanya terus mengendarai sepeda ini?". Jika orang-orang paling ahli di bidangnya telah berkata bahwa penyakitmu tidak bisa disembuhkan, buat apalagi berusaha ?

Tapi adalah pilihannya untuk terus berjuang. Pun semasa waktu penyembuhan dia berencana untuk membuat organisasi nirlaba untuk menaikkan kewaspadaan terhadap kanker. Dia bersama-sama pembalap lainnya juga mempunyai ide untuk membuat balap amal dan menyebutnya "Ride for the Roses". Organisasi itu membuat dia merasakan adanya sebuah tujuan untuk bertahan hidup dari penyakit ini.

Pada tahun 1998, Dia mencoba untuk kembali ke dunia balap sepeda. Usaha pertamanya tidak begitu baik. Staminanya menurun, mudah lelah dan merasa tertekan. Sangat sulit baginya untuk kembali kepada stamina sebelumnya. Lebih parah lagi kontrak nya dinegoisasikan ulang sehingga dia kehilangan tim yang akan mendukungnya untuk berlomba. Hal ini dikarenakan dia dianggap sebagai publikasi yang buruk. Dia menganggap dirinya sangat beruntung ketika ada tim yang akhirnya mau menerima dia.

Dan dia berjuang sangat keras untuk mengembalikan dirinya ke kondisi awal. Sampai akhirnya dia menjuarai Tour De France 7 kali berturut-turut. Memecahkan rekor sebelumnya yaitu 5 kali berturut-turut yang dipegang Miguel Indurain (1991-95).

Di tahun 2004, Lance Armstrong dan Nike menciptakan gelang karet kuning dengan tulisan "Live Strong" motto dari organisasi amal untuk riset kanker yang dia dirikan. Kuning adalah warna kaos pembalap yang memimpin di sebuah pertandingan balap sepeda. Gelang itu dijual seharga 1 USD dan karena sangat populer, berhasil meraup dana sebesar 28 juta USD untuk penelitian kanker.

Seperti pelajaran dari postingan-postingan sebelumnya, kita tidak bisa memilih peristiwa yang terjadi pada kita, tapi kita selalu bisa memilih respon kita terhadapnya. Respon Lance Armstrong terhadap kanker adalah untuk berjuang hidup. Dan pilihan ini tidak hanya membuat dirinya melegenda, membantu banyak orang selamat dari kanker, tapi juga menciptakan gelombang mode rubber wristband di jakarta. Jadi, apa pilihan anda terhadap masalah yang anda hadapi saat ini ?

salam MAJU!!

nb: postingan ini saya persembahkan kepada rekan sekantor saya, yang didiagnosa leukemia. Semoga keteguhan hati Lance Armstrong, dapat menular kepada dirimu. keep fighting bro!

diambil juga dari:
- http://www.livestrong.org
- http://www.goal-setting-college.com/inspiration/lance-armstrong/
- http://www.answers.com/topic/lance-armstrong
- http://www.rubberbracelets.com/pophistory.html
- http://en.wikipedia.org/wiki/Lance_Armstrong



6 comments:

Anonymous said...

Lance amstrong...adalah sebuah kisah yg sangat luar biasa menurutku. tapi kekuatan dan dukungan yang teramat sangat besar aku rasakan dari teman2ku adalah sesuatu yg sangat menakjubkan dan melebihi segala apa yg ada. aku sangat terharu dengan cara2 kalian utk menyemangati aku. untuk bro...awan, kisah lance amstrong adalah kisah yg luar biasa utk membangkitkan semangat dalam diri sendiri....sekali lagi terima kasih bro! kalian adalah semangat luar biasa yg pernah aku punya...salam!

ZOel said...

@okiza
keep fighting bro..
kita semua ngedukung...
kita cari jalan keluar sama-sama..
semoga lekas sembuh...salam!

Awan said...

sbnernya, justru ak yg lg belajar bro.. dr orang2 ini, jg dr km...

thank You...

natan said...

kakak saya stadium 3 B kanker payudara yang sudah diangkat, dulu dia hampir menyerah, tapi sekarang belum pernah saya melihat orang hidup dengan semangat sebesar dia!!! Live strong.

BTW bantu saya ajarin bikin trackback dengan jelas dong, saya dah coba tanya ke blogger lain, termasuk di fatisyuhud.com yang katanya bisa ngejelasin, tapi gak ada jawaban. So please langsung jawab ke yonatan.gsubiyanto@yahoo.com saya tunggu ya

seo, backlink said...

lance amstrong memang pembalap sejati dan legendaris.

heru said...

Mengenal Sepeda balap merupakan jenis sepeda yang didesain untuk kecepatan dan kelincahan. Sepeda ini juga sering dikenal dengan nama Road bike,ingin lebih mengenai banyak tentang
Sepeda balap dapatkan sepeda balap 2020 gratis ongkir se Jabotabek dan service selamanya.

free html hit counter
Provided by hit-counter-download.com company.