Wednesday, January 23, 2008

Tiga pilihan yang menentukan siapa diri anda

oleh Adam Khoo

Salah satu kekuatan yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada kita adalah kemampuan untuk memilih. Kekuasaan untuk bebas berkeinginan. Saya percaya bahwa diri anda hari ini hasil akibat dari pilihan-pilihan anda di masa lalu.

Sepuluh tahun dari sekarang, anda pasti menjadi 10 tahun lebih tua. Jika sekarang anda berumur 20 tahun, maka 10 tahun lagi akan menjadi 30 tahun atau jika saat ini 30 tahun, maka satu dekade dari sekarang pasti akan berumur 40 tahun. Pertanyaannya adalah siapakah anda 10 tahun kemudian? Apa yang akan anda raih di umur itu ?

Jawabannya terdapat pada 3 pilihan besar yang anda ambil tiap harinya. Inilah yang saya sebut 3 pilihan yang menentukan siapa diri anda.

1) Pilihan pergaulan anda.
Sebagai makhluk sosial, kita mempunyai kecenderungan memilih, menyesuaikan dan mengikuti kepercayaan, tingkah-laku dan juga kebiasaan dari orang-orang disekitar kita. Jika pergaulan anda berisi orang-orang yang mempunyai pikiran negatif, mengeluh setiap saat dan mempunyai kepercayaan diri rendah, maka sangat besar peluangnya anda akan menjadi seperti itu juga.

jika orang-orang di sekitar anda selalu berpikiran positif, dapat memotivasi diri sendiri dan selalu menetapkan standar-standar yang tinggi, maka anda akan menjadi seperti itu juga. Hal itu terjadi karena semenjak kita masih kecil, kita telah memilih pikiran dan pola tingkah laku dari orang-orang di sekitar kita secara otomatis. Pernahkan anda sadari saat-saat dimana anda berbicara persis seperti teman anda atau ibu anda ? Apakah anda pernah sadari bahwa anda bertingkah laku seperti teman-teman anda? Jadi sangatlah masuk akal bila sebuah magnet positif dikelilingi oleh 10 magnet negatif maka magnet positif itu dalam waktu singkat akan menjadi magnet negatif.

Inilah mengapa ada beberapa orang yang sangat termotivasi dan mempunyai pikiran positif setelah mengikuti pelatihan pengembangan pribadi, tapi tidak beberapa lama kemudian semangatnya menurun. Ketika mereka meninggalkan seminar, mereka kembali kepada lingkungan negatif dimana orang-orang didalamnya berkata bahwa kehidupan itu sangat menyebalkan dan semua usaha sia sia. Sebuah seminar dapat membenamkan diri anda kedalam sebuah lingkungan luar biasa selama 4-5 hari, tapi berteman dengan orang yang salah akan membenamkan diri anda kedalam sebuah lingkungan yang rusak selama hidup anda!

Saya akan bertanya kepada anda... Tulislah 5 nama dimana waktu anda paling banyak dihabiskan bersama mereka. Sekarang lihat nama-nama ini dan tanyalah pada diri anda: Apakah orang-orang ini dapat membuat saya mengeluarkan potensi terbaik dalam diri saya ? Apakah mereka menginspirasi saya ? Ataukah orang-orang ini membuat saya merasa tidak nyaman dan menjatuhkan semangat saya ?

Pikirkan tentang kepercayaan-kepercayaan, sikap, tingkah-laku dan ukuran yang mereka berikan kepada diri mereka sendiri. Apakah ini kepercayaan yang saya inginkan untuk diri saya sendiri ? Apakah ini sikap dan tingkah laku yang akan membuat saya sukses ? Jika jawabannya YA, berarti anda berada di jalan yang tepat. Tapi jika jawabannya adalah TIDAK, maka inilah saatnya anda menghabiskan waktu anda dengan orang lain. Jika anda ingin sukses, maka anda harus sering bergaul dengan orang orang yang telah sukses (atau menginginkan menjadi orang sukses). Jika anda ingin mempunyai semangat yang tinggi, anda harus bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi.

Alasan utama mengapa banyak dari anggota program saya (misal, Patterns of Excellence, wealth Academy dll) dapat mempertahankan kekuatan dan perubahan yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama adalah karena persahabatan yang ditempa dalam program tersebut. Saya telah mengembangkan dan menerapkan sebuah sistem dimana lulusan programnya membentuk kelompok sukses. Setiap anggota dalam kelompok itu saling mengingatkan dan membentuk budaya yang menganut norma-norma kesejahteraan dan kesuksesan didalamnya.

2) Pilihan dalam menentukan apa yang anda masukkan kedalam pikiran anda
Hal kedua yang menentukan siapa diri anda adalah apa yang anda pilih untuk anda masukkan kedalam otak anda! apakah buku2 yang anda baca ? apakah majalah yang anda baca ? Kapan anda membaca surat kabar dan bagian apa yang paling sering anda baca ? Website apa yang paling sering anda buka ? apa yang ada didalam bookmark browser anda ? seminar apa yang anda pilih untuk anda ikuti ?

Saya merasa aneh jika seseorang mengatakan ingin meningkatkan kesejahteraan hidup. Tapi mereka membaca FHM dan majalah olah raga (Ketimbang SmartInvestor, The Edge dan Fortune). Mereka menghabiskan waktu mereka surfing di website hiburan (ketimbang moneycentral.com, sgx.com, cnn.com). Mereka membaca cerita2 hantu singapura (ketimbang buku tentang bisnis atau keuangan). Mereka memilih menghabiskan waktu dan uang untuk menonton film atau berlibur daripada menghadiri seminar investasi dan keuangan. Mereka memasukkan pikiran negatif seperti "kenapa saya sangat miskin?" daripada berfokus dalam pikiran seperti "bagaimana saya bisa mempelajari strategi menjadi kaya?"

Jadi pelajaran kedua adalah jika anda ingin unggul dalam bidang tertentu (kesehatan, kesuksesan, dan kesejahteraan), anda harus berinvestasi kepada pendidikan dan mempelajari semua tentangnya. Isi pikiran anda dengan ilmu dan pemikiran sejahtera, maka anda akan menjadi sejahtera.

3) Mimpi yang anda pilih
Seseorang dapat menjadi lebih baik setiap harinya dan melangkah menuju tujuan mereka adalah karena mereka memiliki mimpi yang besar dan menginspirasi diri mereka. Mimpi itu selalu mengisi pikiran bahkan sejak saat mereka membuka mata dipagi hari. Jika anda mempunyai mimpi besar untuk menjadi yang terbaik dalam bidang anda, membangun gereja/masjid/candi, mengirimkan anak anda ke sekolah yang terbaik, memiliki sebuah property, membangun bisnis anda sendiri, maka anda akan menjalani hidup anda tiap harinya dengan gairah, fokus dan sebuah pengertian akan tujuan. Setiap keputusan yang anda pilih dan setiap tindakan yang anda ambil akan mempunyai tujuan. Hasilnya, anda akan bergerak semakin dekat kepada tujuan anda semakin harinya.

Akan tetapi, jka anda tidak memiliki mimpi yang dapat menginspirasi anda untuk bangun pagi. Jika anda tidak mempunyai tujuan yang dapat mengisi pikiran anda tiap saat, maka anda akan cenderung mengikuti pilihan dan tindakan orang lain tanpa anda sadari. Anda akan cenderung pergi ke semua arah tanpa tujuan. Anda akan menghabiskan hidup anda hari demi hari, tanpa arti yang dalam. Dan dimana anda 10 tahun dari saat ini bukanlah direncanakan oleh anda sendiri, tapi rencana orang lain yang diberikan untuk diri anda.

diambil dan diterjemahkan dari sini
====================================================================

Setelah membaca artikel ini saya semakin yakin bahwa langkah menuju sukses sangat dipengaruhi oleh 3 hal ini. Kepada siapa diri kita berkumpul, Apa yang kita baca, Mimpi yang kita pilih.

Untuk pilihan pertama, mungkin bukan berarti kita harus membatasi pergaulan. Karena adakalanya kita harus mengajak orang2 dengan pikiran negatif agar bisa menjadi positif. Tapi hal ini tidak bisa kita lakukan jika pikiran kita masih belum kuat. Mungkin kita harus mendekati orang2 yang penuh rasa optimis dalam menjalani hidup. Seperti kata sebuah peribahasa, "Barang siapa berteman dengan tukang daging maka dirinya akan berbau daging, tapi barang siapa berteman dengan penjual minyak wangi maka pasti akan berbau wangi juga"

Untuk pilihan kedua saya teringat sebuah kalimat "Barangsiapa ingin mengetahui seseorang maka lihatlah rak bukunya" atau dalam konteks saat ini, folder ebook di hard disk nya atau bookmarknya di del.icio.us. Mungkin sudah saatnya anda mereview kembali buku2 anda, website2 yang anda kunjungi atau informasi-informasi yang anda masukkan kedalam otak anda.

Dalam pilihan ketiga saya merasakan bahwa menetapkan mimpi merupakan hal yang perlu di review setiap hari. Perlu diingatkan kembali dan banyak "ngobrol" sama diri sendiri. Karena dari mimpilah arah hidup kita ditentukan.

Salam Maju !

0 comments:

free html hit counter
Provided by hit-counter-download.com company.